Pengertian administrasi
Pengertian
Administrasi itu dapat ditinjau dari tiga sudut:
Administrasi
dalam arti Institutionil, yang mana administrasi dimaksudkan sebagai
keseluruhan orang/kelompok orang-orang yang sebagai suatu kesatuan menjalankan
proses kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan bersama
Administrasi
dalam arti fungsionil, yang dimaksud dengan fungsionil ialah segala kegiatan
dan tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan (termasuk juga didalamnya
tindakan untuk menenyukan tujuan itu sendiri, atau dengan kata lain bersifat
melihat kedepan, artinya melihat kepada pencapaian tujuan pada masa yang akan
datang.
Administrasi
sebagai proses, sebagai proses administrasi berarti keseluruhan proses yang
berupa kegiatan-kegiatan, pemikiran-pemikiran, pengaturan-pengaturan sejak dari
penentuan tujuan sampai penyelenggaraan sehingga tercapainya suatu tujuan.
Pengertian organisasi
Menurut para
ahli terdapat beberapa pengertian organisasi
Stoner
mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui
mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
James D. Mooney
mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk
mencapai tujuan bersama.
Chester I.
Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas
kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Stephen P.
Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang
dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat
diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Pengertian manajemen
Dalam
Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses
dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Selanjutnya,
Hilman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui
kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan
yang sama.
Unsur- unsur administrasi
Organisasi
Organisasi
adalah sistem usaha kerjasama sekelompok orang yang terikat secara formal untuk
mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya
Manajemen
Manajemen
adalah kemampuan manajer untuk menggerakkan orang dan mengerahkan segenap
fasilitas yang ada dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
sebelumnya
Komunikasi
Komunikasi
adalah proses penyampaian informasi atau berita dari satu pihak ke pihak lain
sehingga timbul adanya timbal balik dan saling pengertian
Kepegawaian
Kepegawaian
adalah suatu proses untuk merencanakan, mengembangkan, dan memelihara
potensi-potensi yang ada pada manusia untuk mencapai tujuan.
Perbekalan
Perbekalan
adalah kegiatan mengadakan, mendayagunakan dan memelihara sarana, prasarana,
yang sudah tidak layak digunakan
Keuangan
Keuangan adalah
proses yang berkenaan dengan pengadaan, pengalokasian, penggunaan dan
pertanggungjawaban tentang uang.
Ketatausahaan
Ketatausahaan
adalah proses menghimpun, mencatat, mengolah, mengirim dan menyimpan bahan-bahan
informasi
Hubungan timbal balik
administrasi, organisasi dan manajemen
Pendapat
tentang administrasi yang terdiri atas organisasi dan manajemen.
Berdasarkan
pendapat tersebut, administrasi mempunyai arti yang lebih luas daripada
manajemen.
Administrasi
sesuai dengan prosesnya ialah menentukan tujuan dan kebijaksanaan, sedangkan
organisasi sebagai wadah untuk mencapai tujuan.
Untuk
merealisasikan tercapainya tujuan diperlukan manajemen.
Sesuai dengan
tingkat-tingkatnya, maka kemampuan manajemen (managerial skill) meliputi
kemampuan konsepsional, kemampuan melakukan hubungan dengan manusia yang lain
(human skill), dan kemampuan teknis (tecnical skill).
RUANG
LINGKUP MANAJEMEN
Pengertian manajemen
Menurut G.R.
Terry manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan
bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan
organisasional atau maksud-maksud yang nyata. Manajemen juiga adalah suatu ilmu
pengetahuan maupun seni. Seni adalah suatu pengetahuan bagaimana mencapai hasil
yang diinginkan atau dalm kata lain seni adalah kecakapan yang diperoleh dari
pengalaman, pengamatan dan pelajaran serta kemampuan untuk menggunakan
pengetahuan manajemen.
Menurut Mary
Parker Follet manajemen adalah suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan
melalui orang lain. Definisi dari mary ini mengandung perhatian pada kenyataan
bahwa para manajer mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara mengatur
orang-orang lain untuk melaksanakan apa saja yang pelu dalam pekerjaan itu,
bukan dengan cara melaksanakan pekerjaan itu oleh dirinya sendiri.
Menurut James
A.F.Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua
sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam
Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses
dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Fungsi manajemen
Manajemen
sebagai ilmu pengetahuan (management as a science) adalah bersifat
interdisipliner yang mana mempergunakan bantuan dari ilmu-ilmu sosial, filsafat
dan matematika.
Manajemen
sebagai suatu sistem (management as a system) adalah kerangka kerja yang
terdiri dari beberapa komponen/bagian, secara keseluruhan saling berkaitan dan
diorganisir sedemikian rupa dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
Manajemen
sebagai suatu fungsi (management as a function) adalah suatu rangkaian kegiatan
yang masing-masing kegiatan dapat dilaksanakan tanpa menunggu selesainya
kegiatan lain, walaupun kegiatan tersebut saling berkaitan dalam rangka untuk
mencapai tujuan organisasi.
Manajemen
sebagai suatu proses (management as a process) adalah serangkaian tahap
kegiatan yang diarahkan pada pencapaian suatu tujuan dengan pemanfaatan
semaksimal mungkin sumber-sumber yang tersedia.
Manajemen
sebagai suatu profesi (management as a profession) adalah suatu bidang kegiatan
atau bidang keahlian tertentu, antara lain profesi di bidang kedokteran, bidang
teknik dan bidang hukum.
Manajemen
sebagai kumpulan orang (management as people / group of people) adalah suatu
istilah yang dipakai dalam arti kolektif untuk menunjukkan jabatan kepemimpinan
di dalam organisasi antara lain kelompok pimpinan atas, kelompok pimpinan
tengah dan kelompok pimpinan bawah.
Unsur usnsur manajemen
Planning
Planning
(perencanaan) adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil
yang diinginkan
Organizing
Organizing
(organisasi) adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang
terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.
Leading
Pekerjaan
leading meliputi lima kegiatan yaitu mengambil keputusan, mengadakan komunikasi
agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan, memeberi semangat,
inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak, memilih
orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan
sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang
ditetapkan.
Directing/Commanding
Directing atau
Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi
bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam
melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan
benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula
Motivating
Motivating atau
pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian
inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan
kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.
Coordinating
Coordinating
atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan
berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan
kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan
bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarahdalam upaya mencapai tujuan
organisasi.
Controlling
Controlling
atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi
manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi
sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan
maksud dengan tujuan yang telah digariskan semula.
Reporting
Reporting
adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil
kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan
tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
Staffing
Staffing
merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personilia pada suatu
organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan
usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi
Forecasting
Forecasting
adalah meramalkan, memproyrksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai
kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rancana yang lebih pasti dapat
dilakukan
Sasaran
manajemen
Sasaran
manajemen adalah tujuan (objective) yang diharapkan dan direncanakan untuk
dicapai. Adapun sasaran dari manajemen adalah:
Human
Resources.
Dalam setiap
aktivitas manajemen yang dilakukan seharusnya selalu memperhatikan tentang
potensi-potensi yang ada pada sumber daya manusia. Hal ini disebabkan sumber
daya manusia merupakan faktor yang paling penting dalam kegiatan manajemen.
Tanpa adanya pengelolaan sumber daya manusia yang baik, maka dapat dipastikan
kegiatan manajemen tidak dapat berjalan dengan maksimal. Sasaran terhadap
sumber daya manusia, bentuk kegiatanya dapat berupa memimpin, memotivasi dan
mengarahkan orang-orang agar aktivitasnya mengarah pada tujuan yang akan
dicapai.
Non Human
Resources.
Sasaran
manajemen yang kedua adalah non human resources atau segala bentuk fasilitas
yang ada untuk menunjang pencapaian tujuan manajemen. Bentuk kegiatan non human
resources adalah mengadakan dan memelihara serta mengendalilan segala fasilitas
yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan misalnya, tempat, alat, metode
kerja dan sebagainya.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar