Minggu, 22 Mei 2016

Membuat Game Tebak Angka menggunakan Adobe Flash

Game Tebak Angka

            Untuk layer pertama membuat judul dari game yang akan dibuat menggunakan text tool yang jenisnya adalah static text, dimana untuk mengedit bentuk teks, ukuran dan warnanya ada di properties.


            Layer kedua adalah kolom untuk menampilkan hasil yang menggunakan text tool dimana jenisnya adalah dynamic text dan diberi nama display, kolom ini dikosongkan karena untuk hasilnya akan dimasukkan di kodingan, dan untuk bordernya ditampilkan


            Layer ketiga untuk menginput, disini menggunakan text tool kemudian jenisnya diganti menjadi input teks serta diberi nama inputTeks dan dikosongkan karena inputnya ketika program di running


            Layer keempat adalah membuat button untuk cek menggunakan text tool lalu isi dengan “cek” serta diberi nama cekBtn, lalu jadikan text ini menjadi button yaitu dengan cara klik kanan pada teks tersebut kemudian pilih convert to symbol lalu pilih typenya button lalu pilih OK



            Pada layer button klik kanan di key framenya kemudian pilih actions, maka akan muncul kotak action dimana pada kolom tersebut masukkan kodingannya


            Kodingan untuk buttonnya seperti berikut beserta penjelasannya:


Line 2 & 3 => adalah mendeskripsikan variabel yang digunakan yaitu dengan nama angkaMisteri dan angkaPrediksi dimana tipe datanya adalah integer atau bilangan bulat
Line 6 => adalah untuk menampilkan teks “tebak angka yang aku pikirkan, dari 1 – 100” pada kolom yang ada di layer kedua yang diberi nama display
Line 11 => adalah perintah dimana jika button yang diberi nama cekBtn di klik maka akan menjalankan cekAngka
Line 12 => adalah fungsi cekAngka
Line 15 => adalah mendeskripsikan variabel angkaPrediksi bertipe data integer dan nilainya merupakan nilai yang diinput user pada kolom inputTeks
Line 18-21 => adalah isi dari kondisi pertama yaitu dimana jika nilai pada variabel angkaPrediksi lebih kecil dari nilai pada variabel angkaMisteri maka pada kolom display akan menampikan “angka terlalu kecil! Coba lagi”
Line 23-26 => adalah isi dari kondisi yang kedua yaitu dimana jika nilai pada variabel angkaPrediksi lebih besar dari nilai pada variabel angkaMisteri maka pada kolom display akan menampilkan “angka terlalu besar! Coba lagi”
Line 29-32 => adalah isi dari kondisi terakhir yaitu jika nilai pada variabel angkaPrediksi tidak masuk pada dua kondisi sebelumnya maka kolom display akan menampilkan “anda benar!!!”
             Setelah selesai dengan kodingannya dan tidak ada error, dirunning dengan menekan tombol ctrl + enter maka akan muncul tampilan seperti berikut:



            Lakukan input pada kolom input yang sudah disediakan, seperti pada gambar dibawah ini ketika diinput 92 hasil pada kolom display adalah “angka terlalu kecil! Coba lagi” dan kemudian ketika diinput 99 hasil pada kolom display  adalah “angka terlalu besar! Coba lagi”



            Dan ketika diinput 98 hasil pada kolom display adalah “anda benar!!!”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar