BAB 2
Hubungan antara Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
1. Hubungan Timbal Balik antara
Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
Pengertian manajemen adalah proses kegiatan dan pendayagunaan
sumbersumberserta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan
kegiatan demi tercapainya tujuan.
Istilah organisasi dapat diartikan sebagai : Wadah sekelompok manusia
untuk saling bekerja sama
Proses : pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien
Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah : Rangkaian
proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber
dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan
memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai
tujuan yang sah ditetapkan.
Sedangkan, metode merupakan cara untuk melaksanakan kegiatan itu
dengan benar dan berhasil sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
guna mencapai tingkat efisiensi yang maksimal.
Hubungan
Timbal Balik Antara Manajemen dan Organisasi
Karena pada proses kegitan tersebut sudah ada organisasi sebagai
wadah atau tempat berkumpulnya, jadi kerjasama untuk penyelesaian kegiatan
tersebut lebih efektif. Sehingga secara langsung antara manajemen dan
organisasi terjadi hubungan timbal balik yang baik karena keduanya saling
memerlukan, dengan adanya keduanya sehingga kejasama yang dibangun lebih efekif
dalam pencapaian tujuan.
Hubungan
Timbal Balik Antara Manajemen dan Metode (Tata kerja)
Dimana suatu manajemen dengan adanya metode atau tata kerja lebih
teratur karena pada proses kegiatan tersebut dapat ditangani secara bertahap
dan lebih terfokus sehingga jika terjadi kejanggalan dapat lebih ditangani
secara cepat dan tepat sasaran, sehingga waktu yang ada tidak terbuang dengan
percuma dan tidak terjadi pemborosan. Jadi untuk mencapai tujuan dapat lebih
tepat sasaran.
Hubungan
Timbal Balik Antara Organisasi dan Metode (Tata Kerja)
Dengan adanya metode atau tata kerja dalam organisasi sehingga pada
proses kegiatan dapat menyusun perencanaan kerja, dengan lebih terkoordinir
dalam membentuk sekelompok manusia yang melakukan kerjasama dengan memanfaatkan
waktu yang ada dengan sebaik-baiknya dan tepat dalam mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Sehingga hubungan timbale baliknya juga sangat baik.
Hubungan
Timbal Balik Antara Organisasi, Manajemen dan Metode (Tata Kerja)
Jika ada organisasi, manajemen dan metodenya dilakukan dengan kerjasama
yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat dilakukan secara
tepat dan lebih terordinir sesuai dengan proses kegiatan yang ditetapkan maka
untuk mencapai tujuan akan dapat hasil yang lebih efsien dan efektif serta
lebih maksimal. Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan tugasnya maka
hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan untuk ketiganya.
Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal
tersebut adalah sebagai berikut :
·
Manajemen: proses kegiatan
pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
·
Organisasi: alat bagi pencapaian
tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
·
Tata Kerja: pola cara-cara
bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan
tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi
maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.
2. Fungsi
Satuan Organisasi dan Metode
Pengertian organisasi dan metode (secara lengkap) adalah rangkaian
proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber
dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama
dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka
mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
1.Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat
pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya,
2.Organisasi dan metode penting bagi kegiatan
manajemen,
3.Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber
dan waktu yang tersedia, dan
4.Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan
efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Dari uraian di atas terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara
manajemen, organisasi dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa
organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.
Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan
(manager) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang
rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui
kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan
sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang
setepat-tepatnya.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar